Teori Legitimasi

Teori legitimasi adalah upaya perusahaan untuk memastikan aktivitas usaha mereka beroperasi dalam bingkai dan norma yang ada dalam masyarakat atau lingkungan untuk mencegah terjadinya legitimacy gap (Lesmana dan Tarigan, 2014:3; Wibowo, 2014:4)

Legitmacy gap dapat terjadi karena 3 alasan :

Adanya perubahan dalam kinerja perusahaan tetapi harapan masyarakat terhadap kinerja tidak berubah.

Adanya perubahan dalam kinerja perusahaan tetapi harapan masyarakat terhadap kinerja tidak berubah.

Kinerja perusahaan dan harapan masyarakat terhadap kinerja perusahaan berubah ke arah yang sama tetapi waktunya berbeda.

Namun demikian harus di ingat bahwa keberadaan dan besarnya legitimacy gap bukanlah hal yang mudah untuk ditentukan.

Sedangkan menurut O’ Donovan (2002) dalam Bustanul et,el (2012), yaitu : “Legitimacy theory as the idea that in iorder for an organization to continuous operating successfully, it must act in manner that society deems socially acceptable”.

Dari pengertian diatas legitimasi merupakan sebuah pengakuan akan legalitas sesuatu.

Menurut Chariri (2007: 160) organisasi berusaha menciptakan keselarasan antara nilai-nilai sosial yang melekat pada kegiatannya dengan norma-norma perilaku yang ada dalam sistem sosial masyarakat dimana organisasi adalah bagian dari sistem tersebut. Selama kedua sistem nilai tersebut selaras, kita dapat melihat hal tersebut sebagai legitimasi perusahaan.

 

Daftar Pustaka

Lesmana, Y dan J Tarigan 2014 “Pengaruh Sustainability Reporting Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Publik dari Sisi Asset Management Ratios”. Business Accounting Review. Vol 2, No 1,hlm 101–110

O’Donovan, G,( 2002). “Environmental Disclosure in the Annual Report, Extending theApplicability and Predictive Power of Legitimacy Theory”, Accounting, Auditing and Accountability Journal, Vol. 15, No. 3, Hal. 344- 371

Bustanul et. al. (2012). “Perbedaan Kecenderungan Pengungkapan Corporate Social Responsibility” : Pengujian Terhadap Manipulasi Akrual dan Manipulasi Real. SNA Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Ghozali, Imam. dan A, Chariri.(2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.