Motivasi Kerja

Motivasi merupakan proses psikologi yang membangkitkan dan mengarahkan perilaku pada pencapaian tujuan atau goa;-directed behavior, Kreitner dan Kinicki (2001) dalam Wibowo (2016:322). Manajer perlu memahami proses psikologi ini apabila mereka ingin berhasil membina pekerja menuju pada penyelesaian sasaran organisasi.

Robbins (2003) dalam Wibowo (2016:322) menyatakan motivasi sebagai proses yang menyebabkan intensitas (intensity), arah (direction), dan usaha terus menerus (persistence)individu menuju pencapaian tujuan. Intensitas menunjukkan seberapa keras seorang berusaha. Tetapi intensitas tinggi tidak mungkin mengarah pada hasil kinerja yang baik, kecuali usaha dilakukan dalam arah yang menguntungkan organisasi. Karenanya harus dipertimbangkan kualitas usaha maupun intensitasnya.

Greenberg dan Baron (2003) dalam Wibowo (2016:322) berpendapat bahwa motivasi merupakan serangkaian proses membangkitkan (arouse), mengarahkan (direct), dan menjaga (maintain) perilaku manusia menuju pada pencapaian tujuan. Membangkitkan berkaitan dengan dorongan atau energi di belakang tindakan. Motivasi juga berkepentingan dengan pilihan yang dilakukan orang dan arah perilaku mereka. Sedang perilaku menjaga atau memelihara berapa lama orang akan terus merusahan untuk mencapai tujuan

Menurut Widodo (2015:187) motivasi adalah kekuatan yang ada dalam diri seseorang, yang mendorong perilakunya untuk melakukan tindakan. Besarnya intensitas kekuatan dari dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tugas atau mencapai sasaran memperlihatkan sejauhmana tingkat motivasinya.

Chung & Meggison (1981) dalam Fahmi (2016:88) menyatakan bahwa “ Motivation is defined as/goal-directed behavior. It concerns the level of effort one exerts in pursuing a goal…it’is closely performance (motivasi dirumuskan sebagai perilaku yang ditunjukan pada sasaran. Motivasi berkaitan dengan tingkat usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam mengejar suatu tujuan motivasi berkaitan erat dengan kepuasan dan performasi pekerjaan).

Dari berbagai pandangan tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah kekuatan dan dorongan yang ada pada diri seseorang atau individu untuk yang bekerja dan bertindak dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan guna mengejar pencapaian tujuan mereka harapkan.