Faktor yang Mempengaruhi Cyberbullying

Menurut Li (2010), ada beberapa faktor penting yang berpengaruh terhadap terjadinya cyberbullying, yaitu :

  1. Bullying tradisional

Pada penelitian Riebel, Jager dan Fischer (2009) terdapat hubungan antara bullying tradisional dengan cyberbullying. Maka memungkinkan bullying yang dimulai secara langsung menjalar ke dunia maya. Hal tersebut memberikan lahan baru bagi pelaku bullying untuk menghina orang lain.

  1. Jenis kelamin

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa laki-laki lebih memungkinkan melakukan tindakan cyberbullying dibandingkan perempuan.

  1. Budaya

Penelitian Li (2010) mengindikasikan budaya merupakan faktor yang kuat dalam terjadinya cyberbullying yang sejalan dengan penelitian Baker (2010) mengenai bullying yang memainkan peran penting dalam terjadinya bullying dan cyberbullying

  1. Penggunaan internet

Cyberbullying terjadi pada dunia maya, menjadi masuk akal untuk berasumsi intensitas penggunaan seseorang dalam penggunaan internet dapat menjadikan sebagai pelaku atau korban dari dampak buruk yang dapat diakibatkan dari interaksi pada dunia maya.

Daftar Pustaka

Li, K. (2010). A study of relationship between cyber-bullying and personality of the elders at Kaohsiung, Taiwan.

Riebel, J., Jager, Reinhold S., & Fischer, Uwe C. (2009). Cyberbullying in Germany an exploration of prevalence, overlapping with real life bullying and coping strategies. Psychology Science Quarterly, 51(3).