Definisi Dewasa Awal

Masa dewasa adalah masa pencarian kemantapan dan masa reproduktif, yaitu masa yang penuh dengan masalah dan ketegangan emosional, periode isolasi, periode komitmen dan masa ketergantungan, perubahan nilai-nilai, kreativitas, dan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru (Hambali, 2015). Santrock (2012) menjelaskan masa dewasa awal adalah masa untuk bekerja dan menjalin hubungan dengan lawan jenis, terkadang menyisakan sedikit waktu untuk hal lainnya. Individu yang berada pada tahap dewasa awal yang berada pada rentang usia 20 tahun sampai dengan 35 tahun. Pada masa ini, individu telah mengalami perubahan fisik dan psikologis tertentu bersamaan dengan masalah serta harapan pada perubahan tersebut.

Menurut Hurlock (2003) masa dewasa awal dimulai sejak usia 18 tahun sampai dengan usia 40 tahun. Dewasa awal memiliki peran baru, seperti mengembangkan sikap-sikap baru, keinginan-keinginan dan nilai-nilai baru sesuai dengan tugas-tugas baru. Desmita (2009) mengatakan dewasa awal merupakan masa transisi dari remaja akhir menuju dewasa awal serta pemikiran individu pada masa tersebut masih sangat labil dan rentang.

Daftar Pustaka

Hambali, Adang. (2015). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Santrock, J. W. 2012. Life-span Development 13th Edition. Dallas: McGraw Hill.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.