Cakupan atau Lingkup Good Corporate Governance

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) memberikan pedoman mengenai hal-hal perlu diperhatikan agar tercipta good corporate governance dalam suatu perusahaan, yaitu sebagai berikut:

Kerangka kerja corporate governance harus mendorong dan melindungi pemegang saham, dengan memberikan:

  1. Metode yang aman dalam pendaftaran kepemilikan, melakukan transfer efek, mendapat informasi perusahaan, partisipasi dalam RUPS, memilih broad of directors, dan mendapat deviden.
  2. Hak untuk berpartisipasi mengenai keputusan perubahan perusahaan yang bersifat fundamental, misalnya perubahan anggaran dasar, penambahan modal, merger, dan penjualan aset perusahaan dalam jumlah yang besar.

Hak dan tanggung jawab stakeholders

Kerangka kerja corporate governance harus memberi kepastian bahwa hak stakeholders dan publik dilindungi oleh UU dan mendorong kerja sama yang aktif antara perusahaan dan stakeholders untuk meningkatkan kesejahteraan, kemakmuran, lapangan kerja serta kemampuan keuangan perusahaan yang memadai.

Perlakuan yang wajar terhadap pemegang saham

Kerangka kerja corporate governance harus memastikan perlakuan yang wajar terhadap semua pemegang saham minoritas dan asing. Pemegang saham yang mempunyai klasifikasi yang sama mendapatkan perlakuan yang sama. Pemegang saham harus dilindungi dari penipuan, self dealing, dan insider trading yang dilakukan oleh board of directors, manajer, dan pemegang saham utama, atau pihak lain yang mempunyai akses informasi perusahaan.

Keterbukaan dan Transparasi

Kerangka kerja corporate governance harus memastikan diungkapkannya informasi materiil perusahaan yang akurat dan tepat waktu, antara lain meliputi situasi keuangan, kinerja perusahaan, pemegang saham, dan manajemen perusahaan serta faktor risiko yang mungkin timbul. Informasi material yang perlu diungkapkan meliputi antara lain hasil keuangan dan usaha perusahaan, pemegang saham utama, anggota board of directors dan eksekutif, risiko yang mungkin dihadapi, struktur dan kebijakan perusahaan serta target yang ingin dicapai.

Wewenang dan tanggung jawab Board of Directors

Board of Directors harus melakukan pengawasan terhadap perusahaan secara efektif dan memberikan pertanggungjawaban kepada pemegang saham. Anggota Board of Directors harus bertindak secara transparan, iktikad baik dan telah melakukan due diligent serta dalam cara yang menurut pandangannya adalah hal yang terbaik bagi perusahaan. Board of Directors bertanggung jawab untuk mengutamakan kepentingan saham pendiri dan memastikan perusahaan melakukan kegiatannya.